head

Breaking News
Loading...
Friday, October 20, 2017

Masalah Dan Solusi Manajemen Zakat Di Indonesia

8:22 AM
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Persoalan Zakat adalah sesuatu yang tidak pernah habis dibicarakan, wacana tersebut terus bergulir mengikuti peradaban
Islam. Di Indonesia Persoalan yang muncul atas zakat sekarang : Pertama, Peran zakat sebagai salah satu rukun Islam yang harus ditunaikan oleh umat Islam yang mampu (muzakki) hanya menjadi kesadaran personal. Membayar zakat merupakan kebajikan individual dan sangat sufistik sehingga lebih mementingkan dimensi keakhiratan.
Semestinya zakat adalah menjadi sebuah gerakan kesadaran kolektif, Karena Zakat bukan hanya sekedar kewajiban yang mengandung nilai teologis, tetapi juga kewajiban finansial yang mengandung nilai sosial yang tinggi. Persoalan ini, tidak lepas juga dari pamahaman umat (yang wajib zakat) terhadap makna subsansi zakat. Zakat hanya sebagai suatu kewajiban agama (teologis) untuk membersihkan harta milik dari kekotoran.

klik link dibawah untuk mendownload makalah secara GRATIS.

Download Makalah Masalah dan Solusi Manajemen Zakat Di Indonesia




BAB II
PEMBAHASAN
    Beberapa Permasalahan Zakat di Indonesia
Makin hari makin besar harapan umat Islam di Indonesia agar pelaksanaan pemungutan zakat dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Harapan ini dalam berbagai kesempatan oleh para pemimipin Islam, baik yang mempunyai kedudukan formal maupun informal (Pedoman Zakat (9), 1982). Berbagai usaha telah dilakukan untuk mewujudkannya, baik oleh badan-badan resmi seperti Departemen Agama, Pemerintah Daerah maupun oleh organisasi-organisasi Islam swasta.
Yang mendorong masyarakat Islam melaksanakan pemungutan zakat di tanah air/di Indonesia:
    Konsepsi Fiqih ZakatYang dimaksud dengan konsepsi fikih zakat adalah konsep pengertian dan pemahaman mengenai zakat hasil ijtihad manusia. Di dalam al-Quran hanya disebutkan pokok-pokoknya saja yang kemudian dijelaskan oleh sunnah Nabi Muhammad. Penjabarannya, yang tercantum dalam kitab-kitab fikih lama, namun tidak sesuai....

Aspek Institusi dan Manajemen zakat :
    Adanya dualisme institusi pengelola zakat (antara BAZ dan LAZ);
    Lemahnya penerapan prinsip manajemen organisasi;
    Rendahnya penguasaan teknologi oleh institusi zakat;

 
Toggle Footer