head

Breaking News
Loading...
Tuesday, April 11, 2017

Huruf jar (حروف الجر)

7:42 AM
Huruf Jar (حروف الجر)
Huruf  jar adalah huruf yang menyebabkan Isim setelah nya memiliki kedudukan MAJRUR.. (Umumnya berharokat kasroh)

Catatan:
Isim yang majrur adalah isim yang ber i’rob jar.
I'RAB JARR ( جَرّ ) adalah dengan tanda pokok: Kasrah ( ِ   )

Huruf hurufnya adalah :
بِ (=dengan), لِ (=untuk), فِيْ (=di, dalam), عَلَى (=atas), إِلَى (=ke), مِنْ (=dari), كَـ (=seperti), حَتَّى (=hingga), عَن (=dari), رُبَّ  (=terkadang) dan huruf-huruf qasam (sumpah) yaitu : wawu (وَ), ba’ (بِ) dan ta’ (تَ).”


!!perhatikan isim setelah huruf Jar yang menjadi MAJRUR!!

Contoh
Huruf
No.
Aku keluar dari rumah
خَرَجْتُ مِنَ الْمَنْزِلِِ
Dari
 مِنْ
1
Aku akan pergi ke masjid
سَأَذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِد
Ke
إِلَى
2
Hadits ini diriwayatkan dari Aisyah
هَذَا الْحَدِيْثُ رُوِيَ عَنْ عَائِشَةَ
Dari
عَنْ
3
Buku itu beradadi atas meja
اَلْكِتَاُب عَلَى الْمَكْتَب
Di atas
عَلَى

Kami menuntut ilmu di dalam masjid
نَحْنُ نَطْلُبُ الْعِلْمَ فِي الْمَسْجِد
Didalam
فِي
5
Betapa banyakamalan yang kecil menjadi besar nilainya disebabkan oleh niat
رُبَّ عَمَلٍ صَالِحٍ تُعَظِّمُهُ النِّيَّةُ
Betapa banyak / sedikit
رُبَّ
6
Aku menulis pelajaran dengan pena
كَتَبْتُ الدَّرْسَبِالْقَلَم
Dengan
اَلْبَاءُ بِ
7
Umar seperti singa
عُمَرُ كَالأَسَدَ
Seperti
اَلْكَافُ كَ
8
Kitab ini miliknya Muhammad
هَذَا الْكِتَابُلِمُحَمَّدٍ
Milik
اَللاَّمُ لِ
9
Aku makan ikan sampai kepalanya
أَكَلْتُ السَّمَكَ حَتَّى رَأْسِه
Sampai
حَتَّى
10
Demi Allah aku adalah seorang muslim
وَاللهِ أَنَا مُسْلِمٌ
(sumpah)
وَاوُ الْقَسَمِ (وَ
11
Demi Allah aku adalah seorang muslim
أَنَا مُسْلِمٌ تَاللهِ
(sumpah)
تَاءُ الْقَسَمِ (تَ
12
Aku tidak melihatnya semenjak seminggu yang lalu
مَا رَأَيْتُهُ مُنْذُ الأُسْبُوْعِ الْمَاضِيَة
Sejak
مُنْذُ dan مُذْ
13, 14
Para mahasiswa telah pulang kecuali Muhammad
رَجَعَ الطُّلاَّبُ خَلاَ مُحَمَّدٍ
Selain / kecuali
عَدَ ,خَلاَ dan حَاشَا
15, 16 dan 17

versi doc. Huruf Jar
 
Toggle Footer