head

Breaking News
Loading...
Wednesday, April 26, 2017

Panduan Laporan Praktik Pengalaman Kerja (PPL)

11:57 PM

A. PENGERTIAN PPL
Seperti yang kita ketahui, PPL atau praktik pengalaman lapangan adalah suatu kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa/wi menengah akhir. Praktik Pengalaman Lapangan perbankan syariah adalah kegiatan kurikulum upaya membekali mahasiswa/wi dengan pengalaman praktis, sehingga memiliki ilmu-ilmu dasar syariah dan memiliki kemampuan profesional dalam bidang perbankan syariah baik secara teoritis maupun praktis.

B. DASAR
Pada kegiatan PPL atau Praktik Pengalaman Kerja berpacu pada:
1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah No. 045 Tahun 2002 tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi.

C. TUJUAN
Kegiatan PPL ini tentu bertujuan untuk memberikan pembekalan praktis kepada mahasiswa tentang Pengelolaan Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) non bank.

D. TARGET
Mahasiswa/wi memiliki bekal dalam mengelola Perbankan dan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Non Bank dengan aspek-aspek yang terkait didalamnya.

E. Format Laporan
1. Laporan ditulis sesuai dengan pedoman karya tulis ilmiah yang berlaku, menggunakan kertas A4, menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, diketik 2 spasi. Batas margin Kiri 4cm, Atas 4cm, Kanan 3cm dan Bawah 3cm.

2. Laporan memuat hal-hal berikut ini:
a. Bagian Awal
Terdiri dari halaman judul, halaman persetujuan, kata pengantar dan daftar isi.
b. Bagian Isi (batang tubuh)
Terdiri dari:
1) Bab Pendahuluan, Berisi deskripsi tentang Bank/LKS non Bank lokasi praktikum (profil). Profil setidaknya berisi tentang sejarah pendirian dan perkembangan Bank/LKS Non Bank.
2) Bab isi (hasil praktikum), berisi uraian hasil observasi yang dilaksanakan dilokasi bersamaan dengan kegiatan praktik. Hasil observasi setidaknya mencangkup:
*Prinsip-prinsip operasional Bank/LKS non Bank.
*Akad (transaksi) yang diterapkan pada Bank/LKS non Bank.
*Produk Bank/LKS non Bank (Funding dan Financing)
*Mekanisme layanan Bank/LKS non Bank.
*Analisa/tanggapan terhadap hasil observasi selama praktikum.
3) Bab akhir, berisi lampiran-lampiran bukti kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan. Bukti kegiatan praktik berupa: brosur, dokumen akad, bukti transaksi dan foto.

3. Laporan dibuat secara individual dan dijilid dengan sampul warna biru muda (atau sesuai ketentuan universitas). Laporan digandakan sebanyak 4eksemplar (masing-masing untuk mahasiswa, lembaga keuangan syariah, DPL dan Jurusan).

0 comments:

 
Toggle Footer